Senin, 10 Oktober 2022

Contoh 10 soal Tes awal Bimtek Pendidikan Guru Berkebutuhan Khusus (part 1)


 

1.       Pada system Penilaian yang digunakan di skeolah inklusif, apabila anak berkebutuhan khusus mengikuti kurikulum akomodassi, maka akan memnggunakan system penilaian berupa…

a.       Penilaian yang berlaku pada sekolah tersebut

b.       Penilaian bersifat individual dan didasarkan pada kemam[uan dasar awal (baseline)

c.       Penilaian yang sama seperti siswa lainnya

d.      Penilaian yang dimodifikasi sesuai dengan kurikulum yang dipergunakan

2.       Berikut ini tujun dari penyelenggaraan Pendidikan inklusif, kecuali…

a.       Memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada semua anak (termasuk anak berkebutuhan khusus) untuk memperoleh Pendidikan yang layal sesuai dengan kondisi anak

b.       Meningkatkan mutu Pendidikan dasar dan menegah dengan menekan angka tinggalkelas dan putus sekolah

c.       Menciptakan system Pendidikan yang menghargai keanekaragaman, tidak diskiminatif serta pembelajaran yang ramah terhadap semua anak.

d.      Menghambat penuntasan program wajib belajar Pendidikan dasar

3.       Tujuan Pendidikan inklusif di Indonesia kecuali

a.       Memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada semua anak (termasuk anak berkebutuhan khusus) mendapatkan Pendidikan

b.      Meningkatkan mutu Pendidikan dengan menekan angka tinggal kelas dan putus sekolah

c.       Menciptakan system Pendidikan yang menghargai keanekaragaman , tidak diskriminatif serta ramah terhadap pembelajaran

d.       Memenuhi amanat Undang-undang No.20/2003 tentang system pendidikan

4.       Penyesuaian kurikulum di sekolah inklusif ini diimplementasikan dalam bentuk…

a.       Program pembelajaran individual

b.       Silabus pembelajaran

c.       Rencana program pembelajaran

d.       Program pembelajaran harian

5.       Sekolah penyelenggara Pendidikan inklusif dalam dimensi pengelolaan kelas yang inklusif perlu melakukan berbagai pembenahan diantaranya sebagai berikut

a.       Guru harus mampu menerapkan pembelajaran yang sama untuk semua

b.      Guru harus mampu menyediakan kondisi kelas yang hangat, ramah, menerima keanekaragaman, dan menghargai perbedaan

c.       Guru tidak pelu melibatkan orang tua dalam proses Pendidikan

d.       Guru dapat memisahkan PDBK dengan peserta didik lainnya

6.       Dalam pembelajaran di kelas, guru melibatkan anak berkebutuhan khusus untuk terlibat secara aktif dalam berbagai kegiatan ektrakurikuler yang sesuai dengan kemampuan dan minat anak berkebutuhan khusus. Sifat kegiatan ini adalah lebih tepat menggambarkan konsep…

a.       To live

b.       To love

c.       To play

d.       To work

7.       Pendidikan inklusif telah diakui di seluruh dunia sebagai salah satu upaya mempercepat pemenuhan hak Pendidikan bagi setiap anak. Salah satu alasannya adalah…

a.       Terjadi proses edukasi kepada masyarakat agar menghargai adanya perbedaan

b.       Banyak sekolah regular siap menyelenggarakan Pendidikan inklusif

c.       Sekolah inklusif menyatukan anak dengan kehidupan nyata

d.      Banyak anak berkebutuhan khusus yang tinggal di daerah-daerah yang tidak dapat bersekolah di SLB

8.       Tujuan asesmen adalah sebagai berikut, kecuali…

a.       Untuk mengetahui keterampilan apa yang sudah dimiliki anak

b.       Untuk mengenal anak dalam kondisi yang sesungguhnya

c.       Untuk memberikan label pada anak

d.       Untuk mengetahui perkembangan apa yang mengalami keterlambatan

9.       Dalam penyelenggaraan sekolah inklusif, pihak yang bertanggung jawab dalam penyusunan program monitor pelaksanaan dan evaluasi program adalah

a.       Orang tua

b.       Guru kelas

c.       Kepala sekolah

d.       Guru pembimbing Khusus (GPK)

10.   Definisi Pendidikan Inklusif yang paling tepat adalah

a.       System layanan Pendidikan yang mensyaratkan anak berkebutuhan khusus belajar di sekolah -sekolah tertentu

b.      System layanan Pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua anak belajar Bersama-sama di skeolah umum denganmemperhatikan keragaman dan kebutuhan individual, sehingga potensi anak dapat berkembang

c.       System layanan Pendidikan yang menempatkan anak berkebutuhan khuss di skeolah umum dan mengikuti kurikulum umum

d.       Sistem layanan Pendidikan yang mensyaratkan anak berkebutuhan khusus yang memiliki kemampuan akkademik untuk belajar di skeolah umum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Soal kuis LK2 Bimtek Guru Pendidikan Berkebutuhan Khusus

  1. Guru di sekolah inklusif yang memiliki peserta didik berkebutuhan dengan hambatan pendengaran, harus memberikan layanan kebutuhan pembe...