1.
Pada system Penilaian yang digunakan di skeolah
inklusif, apabila anak berkebutuhan khusus mengikuti kurikulum akomodassi, maka
akan memnggunakan system penilaian berupa…
a.
Penilaian yang berlaku pada sekolah tersebut
b.
Penilaian bersifat individual dan didasarkan
pada kemam[uan dasar awal (baseline)
c.
Penilaian yang sama seperti siswa lainnya
d.
Penilaian yang dimodifikasi sesuai dengan
kurikulum yang dipergunakan
2.
Berikut ini tujun dari penyelenggaraan Pendidikan
inklusif, kecuali…
a.
Memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada
semua anak (termasuk anak berkebutuhan khusus) untuk memperoleh Pendidikan yang
layal sesuai dengan kondisi anak
b.
Meningkatkan mutu Pendidikan dasar dan menegah
dengan menekan angka tinggalkelas dan putus sekolah
c.
Menciptakan system Pendidikan yang menghargai
keanekaragaman, tidak diskiminatif serta pembelajaran yang ramah terhadap semua
anak.
d.
Menghambat penuntasan program wajib belajar
Pendidikan dasar
3.
Tujuan Pendidikan inklusif di Indonesia kecuali
a.
Memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada
semua anak (termasuk anak berkebutuhan khusus) mendapatkan Pendidikan
b.
Meningkatkan mutu Pendidikan dengan
menekan angka tinggal kelas dan putus sekolah
c.
Menciptakan system Pendidikan yang menghargai
keanekaragaman , tidak diskriminatif serta ramah terhadap pembelajaran
d.
Memenuhi amanat Undang-undang No.20/2003 tentang
system pendidikan
4.
Penyesuaian kurikulum di sekolah inklusif ini
diimplementasikan dalam bentuk…
a.
Program pembelajaran individual
b.
Silabus pembelajaran
c.
Rencana program pembelajaran
d.
Program pembelajaran harian
5.
Sekolah penyelenggara Pendidikan inklusif dalam
dimensi pengelolaan kelas yang inklusif perlu melakukan berbagai pembenahan
diantaranya sebagai berikut
a.
Guru harus mampu menerapkan pembelajaran yang
sama untuk semua
b.
Guru harus mampu menyediakan kondisi
kelas yang hangat, ramah, menerima keanekaragaman, dan menghargai perbedaan
c.
Guru tidak pelu melibatkan orang tua dalam
proses Pendidikan
d.
Guru dapat memisahkan PDBK dengan peserta didik
lainnya
6.
Dalam pembelajaran di kelas, guru melibatkan
anak berkebutuhan khusus untuk terlibat secara aktif dalam berbagai kegiatan ektrakurikuler
yang sesuai dengan kemampuan dan minat anak berkebutuhan khusus. Sifat kegiatan
ini adalah lebih tepat menggambarkan konsep…
a.
To live
b.
To love
c.
To play
d.
To work
7.
Pendidikan inklusif telah diakui di seluruh
dunia sebagai salah satu upaya mempercepat pemenuhan hak Pendidikan bagi setiap
anak. Salah satu alasannya adalah…
a.
Terjadi proses edukasi kepada masyarakat agar
menghargai adanya perbedaan
b.
Banyak sekolah regular siap menyelenggarakan Pendidikan
inklusif
c.
Sekolah inklusif menyatukan anak dengan
kehidupan nyata
d.
Banyak anak berkebutuhan khusus yang
tinggal di daerah-daerah yang tidak dapat bersekolah di SLB
8.
Tujuan asesmen adalah sebagai berikut, kecuali…
a.
Untuk mengetahui keterampilan apa yang sudah
dimiliki anak
b.
Untuk mengenal anak dalam kondisi yang
sesungguhnya
c.
Untuk memberikan label pada anak
d.
Untuk mengetahui perkembangan apa yang mengalami
keterlambatan
9.
Dalam penyelenggaraan sekolah inklusif, pihak
yang bertanggung jawab dalam penyusunan program monitor pelaksanaan dan
evaluasi program adalah
a.
Orang tua
b.
Guru kelas
c.
Kepala sekolah
d.
Guru pembimbing Khusus (GPK)
10.
Definisi Pendidikan Inklusif yang paling tepat
adalah
a.
System layanan Pendidikan yang mensyaratkan anak
berkebutuhan khusus belajar di sekolah -sekolah tertentu
b.
System layanan Pendidikan yang memberikan
kesempatan kepada semua anak belajar Bersama-sama di skeolah umum
denganmemperhatikan keragaman dan kebutuhan individual, sehingga potensi anak
dapat berkembang
c.
System layanan Pendidikan yang menempatkan anak
berkebutuhan khuss di skeolah umum dan mengikuti kurikulum umum
d.
Sistem layanan Pendidikan yang mensyaratkan anak
berkebutuhan khusus yang memiliki kemampuan akkademik untuk belajar di skeolah
umum
Tidak ada komentar:
Posting Komentar