Kamis, 19 November 2020

1.3.a.4. Eksplorasi Konsep - Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

 Usai menyimak bacaan Inkuiri Apresiatif dan video BAGJA di atas, buatlah sebuah kesimpulan sepanjang 200-400 kata. Kesimpulan tersebut akan Anda bawa ke forum diskusi untuk dibagikan kepada rekan CGP lainnya.

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan pemandu untuk membantu Anda dalam membuat kesimpulan:

●      Apa saja yang menurut Anda menjadi informasi utama dalam bacaan dan video tersebut?

●      Mengapa informasi tersebut diberikan pada Anda sekarang sebagai calon guru penggerak?

●      Informasi apa yang paling dapat membantu sebagai guru penggerak kelak?

●      Hal kecil apa yang dapat Anda lakukan sekarang setelah memperoleh informasi tersebut?

Berdasarkan instruksi dari tugas 1.3.a.4. Eksplorasi Konsep yang diberikan , saya akan menuliskan setiap jawaban yang diberikan dari pertanyaan-pertanyaan di atas.

·         Apa saja yang menurut Anda menjadi informasi utama dalam bacaan dan video tersebut?

Pada bacaaan dan video  tersebut  membahas  manejeman Inkuiri Apresiatif. Inkuiri Apresiatif ini dikenal sebagai pendekatan kolaboratif dalam melakukan perubahan yang berbasis "kekuatan".  model manejeman perubahan Inkuiri Apresiatif ini dikembangkan oleh David Cooperrider dengan menggunkan prinsip-prinsip psikologi dan pendidikan positif. Pendekatan Inkuiri Aprisiatif percaya bahwa setiap orang memiliki inti positif yang dapat memberikan kontribusi pada keberhasilan. Inti positif ini merupakan potensi dan aset organisasi, sekolah maupun komunitas. Dengan demikian, dalam implementasinya inkuiri Apresiatif dimulai dengan menggali hal-hal positif yang ada pada sekolah atau komunitas, menggali keberhasilan yang telah dicapai dan kekuatan yang dimiliki organisasi, sebelum organisasi menapak pada tahap selanjutnya dalam melakukan perencanaan perubahan. 

pada Inkuiri Apresiatif memulai perubahan berdasarkan pertanyaaan utama yang ditentukan bersama dan dijalankan dalam sarana yang positif dan apresiatif. terdapat 5 (lima) Tahapan Utama Yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia BAGJA yang dalam bahasa Sunda artinya bahagia. tahapan ini di adaptasi dari apa yang dipaparkan oleh Noble dan Mcgrath (2016) :

B=  BUAT PERTANYAAN UTAMA. pada tahapan ini kita membuat  pertanyaan utama yang menentukan arah penelurusuran, penyelidikan, penelitian, keterkaitan perubahan yang kita inginkan. tiap pertanyaan utama akan mewakili tahapan proses BAGJA yang berbeda.

contoh pertanyaan Utama :

"1. Bagaimana membiasakan penumbuhan karakter baIk di sekolah secara hemat biaya?"

A= AMBIL PELAJARANTahapan in menuntun pengambilan pelajaran. pada tahapan ini dilakukan setelah kita sepakat akanmenentukan bagaimana kita mengambil pelajaran dari pengalaman positif, individu, kelompok, baik dalamunsur yang berbeda maupun sama, setelah itu beranjak ke seluruh komunitas di sekolah. pada bagian ini berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan lanjutan dari pertanyaan utama.

misalnya lanjutandari pertanyaan sebelumnya :

"1. Apa (kontribusi) yang telah dilakukan dan dijalankan dengan baik?/ mengapa?"

"2. Kebijakan apa yang selama ini mendukung?"

"3. Siapa saja yang selama ini terlibat untuk mendukung?"

"4. Kekuatan / keahlian apa yang telah kita gunakan selama ini untuk membantu?"

selanjutan masuk pada tahapan berikutnya adalah

G= GALI MIMPI BERSAMA Dalam tahapan in komunitas sekolah akan menggali mimpi sebagai keadaan ideal yang diinginkan dengan menggambarkan secara rinci melalui sebuah narasi. dalam perencanaan yang disusun ,kita akan menysusun pertanyaan-pertanyaan pemandu untuk menggali hal tersebut. misalnya :

"1. Seperti apa orang-orang yang terlinat di dalamnya terlihat, bertindak, berfikir dan merasa?"

"2. Bagaimana penampakan lingkungannya secara fisik?"

"3. Apakah kebiasaan-kebiasaan baru yang kita bayangkan aka terjadi?"

"4. Sumber daya apa yang kita bayangkan akan tersedia?"

tahapan selanjutnya adalah komunitas sekolah akan bersama-sama menjabarkan rencana yang mereka impikan tadi.

J = JABARKAN RENCANA.  tahapan ini akanmengindentifikasi tindakan yang diperlukan dalam mengambil keputusan-keputusan ketika perencanaan awal . kita perlu membuat pertanyaan-pertanyaan yang dapat membantu penyususnan rencana agar lebih konkrit, seperti :

1. siapa yang akan melakukan apa, bagaimana dan kapan?

2.  bagaimana mengukur kemajuan dan melanjutkan langkah?

3. bagaimana agar setiap orang dalam komunitas sekolah dapat secara informal melakukan improvisaasi dan berkontribusi membantu terwujudnya perubahan?

4. apa langkah-langkah kecil (baik berurutan atau simultan) yang diperlukan?

5. Apa satu langkah besar (inovatif, berani, terobosan) yang diperlukan?

A= ATUR EKSEKUSI Pada tahapan ini adalah bagian yang mentransformasi rencanan menjadi nyata. karenanya sangat diperlukan pertanyaaan-pertanyaan yang membantu memutuskan peran dan kesepakatan pelaksanaan, seperti :

1. siapa yang akan terlibat untuk mewujudkan rencana?

2. bagaimanan mereka mengkomunikasikan danmelaporkan kemajuan? kepada siapa?

3. siapa yang bertanggungjawab? siapa yang segera akan menindaklanjuti/ memberikan umpan balik suatu laporan?

4. siapa yang akan memonitor batas waktu?

·         Mengapa informasi tersebut diberikan pada Anda sekarang sebagai calon guru penggerak?

Dunia semakin mengalami perubahan, perubahan ini tentunya sangat mempengaruhi lini kehidupan termasuk dalam dunia Pendidikan. Perubahan yang terjadi ini diharapkan tetap berada pada perubahan dalam ranah positif, guru sebagai salah satu garda Pendidikan merupakan bagian komunitas yang akan membawa perubahan pada dunia Pendidikan. Managemen tidak terlepas dari sebuah organisasi maupun komunitas termasuk sekolah. Salah satu tujuan PGP adalah mengembangkan dan memimpin upaya mewujudkan visi satuan pendidikan yang mengoptimalkan proses belajar peserta didik yang berpihak pada peserta didik dan relevan dengan kebutuhan komunitas di sekitar satuan pendidikan; sehingga informasi ini sangat penting untuk diberikan kepada Calon guru Penggerak.

●      Informasi apa yang paling dapat membantu sebagai guru penggerak kelak?

Dalam mengembangkan atau upaya mewujudkan visi yang berpihak pada anak, maka managemen inkuiri aprisiatif merupakan pilihan yang tepat karena managemen ini menggali kekuatan yanga ada pada sekolah  sehingga mampu merancang visi yang sesuai dengan kekuatan sekolah tersebut. Bagi kami calon guru penggerak informasi ini sangat membantu untuk kami dapat menggali potensi yang ada dalam sekolah tempat kami bertugas, agar dengan menggunakan managemen IA ini kami bisa mengembangkan sekolah kami menjadi sekolah yang memberikan rasa nyaman serta mampu mengoptimalkan proses belajar peserta didik yang berpihak pada peserta didik dan relevan dengan kebutuhan masyarakat.

·         Hal kecil apa yang dapat Anda lakukan sekarang setelah memperoleh informasi tersebut?

Hal kecil yang dapat saya lakukan adalah menggali potensi kekuatan di sekolah saya, misalnya mencari potensi dan bakat anak dalam pembelajaran dengan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan serta bermakna. Seperti pembelajaran yang menyelaraskan kognitif, afektif dan psikomotorik serta tidak lupa menuntun anak untuk senantiasa menjadi anak yang bertakwa melalui aktifitas-aktifitas positif dalam keseharian mereka seperti sholat, mengaji, membantu orang tua dan melakukan hal-hal baik di masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Soal kuis LK2 Bimtek Guru Pendidikan Berkebutuhan Khusus

  1. Guru di sekolah inklusif yang memiliki peserta didik berkebutuhan dengan hambatan pendengaran, harus memberikan layanan kebutuhan pembe...