Selasa, 03 November 2020

RANCANGAN AKSI NYATA : “MENINGKATKAN KREATIFITAS ANAK DIDIK MELALUI DEKORASI RUANG KELAS”

 


 

A.   LATAR BELAKANG:

Berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah Bab I, yang menyatakan bahwa “proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup, bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik”. Kreatifitas merupakan bagian dari bakat yang terdapat pada seseorang terutama pada anak. “kemampuan berpikir kreatif dapat melihat berbagai macam penyelesaian suatu masalah” Utami Munandar (2002:60). Maka hal menjadi pertimbangan perlu untuk meningkatkan bakat peserta didik dengan meningkatkan kreatifitas siswa melalui dekorasi kelas.

 

B.   TUJUAN :

Setelah terlaksanakan rancangan kegiatan diharapkan mampu :

1.    meningkatkan minat belajar peserta didik

2.    menumbuhkan kreatifitas siswa di kelas.

3.    Mendapatkan keterampilan hidup di masyarakat

 

C.  TOLAK UKUR

Menurut Mundandar (2004:55) Pelaksanaan pengembangan kreativitas pada anak merupakan salah satu sarana pembelajaran yang menunjang mengembangkan kreativitas anak:

1.    Siswa mampu menerapkan Profil Pancasila ; Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, beraklah mulia, kebhinnekaan global, bergotong royong, kreatif, bernalar kritis, mandiri.

2.    Siswa mampu lebih kreatif dalam kesehariannya

3.    Kelas menjadi nyaman dan Indah

 

D.  LINIMASA TINDAKAN YANG AKAN DILAKUKAN:

1.   Mengadakan sosialisasi dengan siswa, guru, kepala sekolah dan aparat sekolah lainnya

2.   Membuat rancangan desain dekorasi kelas Bersama siswa

3.   Bersama siswa mulai membuat kreatifitas untuk dekorasi kelas sesuai dengan hasil rancangan yang telah di sepakati.

4.   Bersama siswa berbagi pengalaman kreasi dengan teman sejawat

 

E.   DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN :

1.    Alat dan bahan yang terdiri dari : cat dinding, kuas, kertas warna-warni,stiker dinding, dos bekas, lem, papan, tali, dll.

2.    tenaga : guru dan siswa serta dukungan dari kepala sekolah, Bendahara sekolah dan orang tua/wali siswa dalam pengadaan alat dan bahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Soal kuis LK2 Bimtek Guru Pendidikan Berkebutuhan Khusus

  1. Guru di sekolah inklusif yang memiliki peserta didik berkebutuhan dengan hambatan pendengaran, harus memberikan layanan kebutuhan pembe...